RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KIMIA
STRUKTUR
ATOM, SISTEM PERIODIK, DAN IKATAN KIMIA
Satuan
Pendidikan : SMA N 4 Kota Bengkulu
Mata
Pelajaran : Kimia
Kelas/Semester : Kelas XI / Semester I
Materi Pembelajaran
: Struktur Atom, Sistem
Periodik, dan Ikatan
Kimia
Alokasi Waktu : 12
x 45 menit
A.
STANDAR KOMPETENSI
Memahami
struktur atom untuk meramalkan sifat-sifat periodik unsur, struktur molekul,
dan sifat-sifat senyawa.
B.
KOMPETENSI DASAR
1. Menjelaskan teori atom Bohr dan mekanika kuantum untuk
menuliskan konfigurasi elektron dan diagram orbital serta menentukan letak
unsur dalam tabel periodik.
2. Menjelaskan teori jumlah pasangan elektron di sekitar inti
atom dan teori hibridisasi untuk meramalkan bentuk molekul.
3. Menjelaskan interaksi antar molekul (gaya antar molekul)
dengan sifatnya.
C.
INDIKATOR
1. Kognitif
a.
Produk
1. Menjelaskan
teori atom mekanika kuantum
2. Menentukan
bilangan kuantum (kemungkinan elektron berada)
3. Menggambarkan
bentuk-bentuk orbital
4. Menjelaskan
kulit dan subkulit serta hubungannya dengan bilangan kuantum
5. Menggunakan
prinsip aufbau, aturan Hund azas larangan Pauli untuk menuliskan konfigurasi
elektron dan diagram orbital
6. Menghubungkan
konfigurasi elektron suatu unsur dengan letaknya dalam sistem periodik
7. Menentukan
bentuk molekul berdasarkan teori pasangan elektron
8. Menentukan
bentuk molekul berdasarkan teori hibridisasi
9. Menjelaskan
perbedaan sifat fisik (titik didih, titik beku) berdasarkan perbedaan gaya
antar molekul (gaya Van Der Waals, gaya London, dan ikatan hidrogen)
b. Proses
1.
Mengkaji tentang teori kuantum, prinsip
ketidakpastian dan mekanika gelombang melalui diskusi kelompok
2.
Menentukan bilangan kuantum dan bentuk orbital
s, p, d dan f melalui diskusi kelas
3. Menentukan konfigurasi elektron,
diagram orbital serta hubungannya dengan letak unsur dalam tabel periodik
melalui diskusi kelas
4.
Berlatih menentukan penulisan konfigurasi elektron dan letak unsur dalam
tabel periodik
5.
Menggambarkan bentuk molekul senyawa melalui diskusi kelas (gunakan visualisasi
misalnya menggunakan balon atau dari CD)
6.
Diskusi tentang gaya antar molekul
7.
Menganalisis grafik yang menunjukkan hubungan antara titik didih dengan molekul
yang terbentuk melalui ikatan hidrogen
8.
Mengidentifikasi sifat-sifat fisis molekul berdasarkan gaya antar molekul
melalui diskusi kelas
2. Psikomotor
1. Keaktifan siswa dalam diskusi
kelompok
2. Keaktifan siswa mencari informasi tentang Struktur Atom,
sistem Periodik, dan Ikatan Kimia melalui media internet
3. Keaktifan siswa dalam mengerjakan
soal
3. Afektif
1. Karakter
a. jujur,
b. tanggung jawab,
c. hati-hati,
d. teliti.
2. Keterampilan sosial:
a. bertanya,
b. menyumbang ide atau berpendapat,
c. menjadi pendengar yang baik,
d. berkomunikasi,
e. keaktifan.
D. TUJUAN
PEMBELAJARAN
1. Kognitif
a. Produk :
1. Siswa
dapat menjelaskan teori atom mekanika kuantum
2. Siswa
mampu menentukan bilangan kuantum (kemungkinan elektron berada)
3. Siswa
dapat menggambarkan bentuk-bentuk orbital
4. Siswa
mampu menjelaskan kulit dan subkulit serta hubungannya dengan bilangan kuantum
5. Siswa
dapat membedakan penggunaan prinsip aufbau, aturan Hund azas larangan Pauli
untuk menuliskan konfigurasi elektron dan diagram orbital
6. Siswa
mampu menghubungkan konfigurasi elektron suatu unsur dengan letaknya dalam
sistem periodik
7. Siswa
dapat menentukan bentuk molekul berdasarkan teori pasangan elektron
8. Siswa
dapat menentukan bentuk molekul berdasarkan teori hibridisasi
9. Siswa
mampu menjelaskan perbedaan sifat fisik (titik didih, titik beku) berdasarkan
perbedaan gaya antar molekul (gaya Van Der Waals, gaya London, dan ikatan
hidrogen)
b. Proses
1.
Siswa
mencari informasi terlebih dahulu mengenai materi yang akan dipelajari, sehingga
siswa mampu aktif dalam proses pembelajaran.
2.
Guru
menyampaikan informasi tentang materi struktur atom, sistem periodik dan
ikatan kimia
3.
Guru
memberikan soal tentang materi struktur atom, sistem periodik dan ikatan
kimia
4.
Perwakilan
kelompok mempresentasikan hasil kerja kelompoknya masing-masing.
2. Psikomotor
1.
Kesiapan
dan penguasaan materi dari kelompok tentang materi struktur atom, sistem
periodik dan ikatan kimia
2. Cara menjawab pertanyaan kelompok
3. Keaktifan siswa dalam memberikan
pertanyaan terhadap penjelasan guru tentang materi struktur atom, sistem
periodik dan ikatan kimia
4. Keaktifan siswa dalam berdiskusi dan
dalam mempresentasikan hasil kerja kelompok tersebut.
3. Afektif
a) Karakter:
Terlibat dalam proses belajar mengajar
berpusat pada siswa, paling tidak siswa dinilai Membuat kemajuan dalam
menunjukkan karakter kejujuran, tanggung
jawab, hati-hati, dan teliti.
b) Keterampilan sosial:
Terlibat dalam proses belajar mengajar
berpusat pada siswa, paling tidak siswa dinilai Membuat kemajuan dalam
menunjukkan perlaku keterampilan sosial bertanya,
menyumbang ide atau berpendapat, menjadi pendengar yang baik, dan
berkomunikasi, serta keaktifan.
E. MATERI AJAR
1.
Teori Atom Bohr dan Mekanika Kuantum
Teori-teori
Atom:
1.
Model Atom Dalton
Atom adalah bagian yang terkecil dari suatu unsur
2.
Model Atom Rutherford
Atom terdiri dari inti yang bermuatan
positif dan di sekitarnya beredar elektron-elektron yang bermuatan negatif
3.
Model Atom Rutherford & Niels Bohr
a. Atom terdiri
dari inti yang bermuatan positif dan disekitarnya beredar elektron-elektron
yang bermuatannegatif.
b.
Elektron-elektron bergerak dalam lintasan-lintasan dengan tingkat-tingkat
energi tertentu
c. Selama
elektron beredar dalam lintasan tersebut ia tidak memancarkan atau menerima
energi.
d. Elektron
dapat berpindah tempat dari tingkat energi lebih rendah ke tingkat energi yang
lebih tinggi jikamenyerap energi; sebaliknya jika elektron berpindah tempat
dari tingkat energi lebih tinggi ke tingkat energiyang lebih rendah terjadi
pemancaran energi.
4.
Model Atom Mekanika Gelombang
Menurut de Broglie (1924): gerakan
suatu materi, termasuk elektron, dapat dianggap sebagai gerakangelombang.
2.
Sistem Periodik
Cara Penentuan
Periode Unsur-Unsur
1) Tentukan
konfigurasi elektron
2) Susun
ulang konfigurasi sesuai urutan kulit atom
3) Nomor
periode = nomor kulit terbesar
3.
Ikatan Kimia
Ikatan
Ion
Ikatan
antara ion positif (logam golongan IA dan IIA) dan ion negatif (non logam
golongan VIA danVIIA).Ikatan antara atom-atom yang mempunyai potensial ionisasi
rendah dengan atom-atom yangmempunyai afinitas elektron tinggi.Ikatan antara
atom-atom dengan perbedaan keelektronegatifan tinggi.
Contoh
: NaCl, KBr, MgCl, CaF
Ikatan
Kovalen
Ikatan
antara non logam dan non logam. Ikatan antara atom-atom dalam molekul
berdasarkan pemakaian pasangan elektron bersama. Ikatan antara atom-atom dengan
perbedaan keelektronegatifan rendah.Molekul senyawa yang terbentuk mempunyai
energi potensial lebih rendah daripada atom-atomsemula.
Contoh: Cl2, N2, O2
PENGARUH
IKATAN KIMIA TERHADAP TITIK DIDIH
1. Pengaruh
Ikatan Hirogen terhadap Titik Didih
Titik Didih senyawa dipengaruhi oleh:
1) Massa
Molekul Relatif (Mr) : Mr >> titik didik >> dan Mr << titik
didih <<
2) Ikatan
Antarmolekul : Gaya antarmolekul kuat titik didih >> dan gaya lemah,
titik didih <<
2. Pengaruh Gaya van der Waals terhadap Titik
Didih
1) Pengaruh
Jumlah Awan Elektron : Jumlah awan elektron banyak, gaya tarik menarik molekul
dipol sesaat besar, titik didih tinggi.
2) Pengaruh
Bentuk Molekul : Bentuk molekul tidak bercabang, atom lebih mudah menginduksi
awan elektron, gaya tarik menarik dipol sesaat besar, sehingga titik didih
tinggi
F. MODEL DAN METODE PEMBELAJARAN
Model
Pembelajaran : Model Pembelajaran Kooperatif
Metode Pembelajaran :
Diskusi
G. Alat Bantu Mengajar
Laptop, internet, buku
Kimia SMA XI, LKS
H. PROSES BELAJAR MENGAJAR
1.
PERTEMUAN PERTAMA
a)
Pendahuluan
Kegiatan
|
Penilaian oleh Pengamat
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|
1. Membuka
pelajaran dengan mengucapkan salam
2. Memberikan
pertanyaan prasyarat yang berhubungan dengan materi teori atom
3.
Mengkomunikasikan judul
pelajaran dan tujuan pembelajaran.
4.
Guru membagi kelompok kecil dalam mencari informasi tentang materi teori
atom mekanika kuantum dan penentuan bilangan kuantum
5.
Guru menyampaikan tata tertib dalam proses pembelajaran kepada siswa
|
|
|
|
|
b)
Inti
Kegiatan
|
Penilaian oleh Pengamat
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|
Penggalan 1
1.
Guru menyampaikan informasi tentang materi teori atom mekanika kuantum dan penentuan bilangan
kuantum
Penggalan 2
3. Mengorganisasikan siswa dalam
kelompok-kelompok dan penugasan
untuk membangun motivasi serta kemauan siswa dalam mengikuti pembelajaran
4. Guru
bersama siswa menyelesaikan
contoh soal penentuan bilangan kuantum
5. Guru
memberikan LDS
6.
Memberikan waktu pada siswa untuk mendiskusikan soal yang diberikan
7.
Guru menunjuk salah satu kelompok untuk mempresentasikan hasil
diskusinya.
8.
Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya kepada kelompok yang
presentasi
9.
Guru memberikan penguatan kepada kelompok yang telah presentasi
|
|
|
|
|
c)
Penutup
Kegiatan
|
Penilaian oleh Pengamat
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|
1. Guru
dan siswa bersama-sama menyimpulkan materi yang telah dipelajari.
2. Guru Mengingatkan siswa untuk mempelajari materi
yang akan diajarkan pada pertemuan selanjutnya
|
|
|
|
|
Penugasan Terstruktur
1.
Siswa
mencari informasi tentang sejarah perkembangan teori atom
2.
Siswa
mencari informasi tentang bilangan kuantum dalam beberapa atom unsur
2.
PERTEMUAN KEDUA
a. Pendahuluan
Kegiatan
|
Penilaian oleh Pengamat
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|
1. Membuka
pelajaran dengan mengucapkan salam
2. Guru
memotivasi siswa dengan cara mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan
materi sebelumnya dan pertanyaan prasyarat yang berkaitan dengan materi yang
akan dipelajari
3. Mengkomunikasikan
judul pelajaran dan tujuan
pembelajaran
|
|
|
|
|
b.
Inti
Kegiatan
|
Penilaian oleh Pengamat
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|
Penggalan 1
1.
Guru menyampaikan informasi tentang bentuk-bentuk orbital
Penggalan 2
1. Mengorganisasikan siswa dalam
kelompok-kelompok dan penugasan
untuk membangun motivasi serta kemauan siswa dalam mengikuti pembelajaran tentang bentuk-bentuk molekul
2. Guru menjelaskan tentang kulit dan subkulit
serta hubungannya dengan bilangan kuantum
3.
Memberikan waktu pada siswa untuk mendiskusikan soal yang diberikan
4.
Guru menunjuk salah satu kelompok untuk mempresentasikan hasil
diskusinya.
5.
Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya kepada kelompok yang
presentasi
6.
Guru memberikan penguatan kepada kelompok yang presentasi
|
|
|
|
|
c.
Penutup
Kegiatan
|
Penilaian oleh Pengamat
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|
1. Guru
dan siswa bersama-sama menyimpulkan materi yang telah dipelajari.
2. Guru Mengingatkan siswa untuk mempelajari materi
yang akan diajarkan pada pertemuan selanjutnya
|
|
|
|
|
Penugasan terstruktur :
1.
Siswa
mengerjakan lembar Diskusi Siswa (LDS)
3.
PERTEMUAN KETIGA
a) Pendahuluan
Kegiatan
|
Penilaian oleh Pengamat
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|
1. Membuka
pelajaran dengan mengucapkan salam
2. Guru
memotivasi siswa dengan cara mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan
materi sebelumnya dan pertanyaan prasyarat yang berkaitan dengan materi yang
akan dipelajari
3.
Mengkomunikasikan judul
pelajaran dan tujuan pembelajaran.
4. Guru
membagi kelompok kecil dalam mencari informasi tentang penggunaan
prinsip aufbau, aturan Hund, azas larangan Pauli untuk menuliskan konfigurasi
elektron dan diagram orbital
5.
Guru menyampaikan tata tertib dalam proses pembelajaran kepada siswa
|
|
|
|
|
b)
Inti
Kegiatan
|
Penilaian oleh Pengamat
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|
Penggalan 1
1. Guru menyampaikan informasi
tentang Menggunakan prinsip
aufbau, aturan Hund azas larangan Pauli untuk menuliskan konfigurasi elektron
dan diagram orbital
Penggalan 2
1. Mengorganisasikan siswa dalam
kelompok-kelompok dan penugasan
untuk membangun motivasi serta kemauan siswa dalam mengikuti pembelajaran
2.
Memberikan waktu pada siswa untuk mendiskusikan soal yang diberikan
3.
Guru menunjuk salah satu kelompok untuk mempresentasikan hasil
diskusinya.
4.
Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya kepada kelompok yang
presentasi
5.
Guru memberikan penguatan kepada kelompok yang telah presentasi
|
|
|
|
|
c)
Penutup
Kegiatan
|
Penilaian oleh Pengamat
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|
1. Guru
dan siswa bersama-sama menyimpulkan materi yang telah dipelajari.
2. Guru Mengingatkan siswa untuk mempelajari materi
yang akan diajarkan pada pertemuan selanjutnya
|
|
|
|
|
4.
PERTEMUAN KEEMPAT
a. Pendahuluan
Kegiatan
|
Penilaian oleh Pengamat
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|
1. Membuka
pelajaran dengan mengucapkan salam
2. Guru
memotivasi siswa dengan cara mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan
materi sebelumnya dan pertanyaan prasyarat yang berkaitan dengan materi yang
akan dipelajari
3. Mengkomunikasikan
judul pelajaran dan tujuan
pembelajaran.
4. Guru membagi kelompok kecil dalam
mencari informasi tentang materi menghubungkan konfigurasi elektron
suatu unsur dengan letaknya dalam sistem periodik dan menentukan bentuk
molekul berdasarkan teori pasangan elektron
5. Guru menyampaikan tata tertib
dalam proses pembelajaran kepada siswa
|
|
|
|
|
b.
Inti
Kegiatan
|
Penilaian oleh Pengamat
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|
Penggalan 1
1. Guru menyampaikan imformasi
tentang materi menghubungkan
konfigurasi elektron suatu unsur dengan letaknya dalam sistem periodik dan
menentukan bentuk molekul berdasarkan teori pasangan elektron
Penggalan 2
1. Mengorganisasikan siswa dalam
kelompok-kelompok dan penugasan
untuk membangun motivasi serta kemauan siswa dalam mengikuti pembelajaran
2. Memberikan waktu pada siswa
untuk mendiskusikan soal yang diberikan
3. Guru menunjuk salah satu kelompok
untuk mempresentasikan hasil diskusinya.
4. Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya kepada kelompok
yang presentasi
5. Guru memberikan penguatan kepada
kelompok yang telah presentasi
|
|
|
|
|
c.
Penutup
Kegiatan
|
Penilaian oleh Pengamat
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|
1. Guru
dan siswa bersama-sama menyimpulkan materi yang telah dipelajari.
2. Guru memberikan tugas tidak
terstruktur kepada masing-masing siswa
3. Guru Mengingatkan siswa untuk mempelajari materi
yang akan diajarkan pada pertemuan selanjutnya
|
|
|
|
|
Tugas Mandiri terstruktur
1.
Siswa
mencari informasi tentang cara menghubungkan konfigurasi elektron suatu
unsur dengan letaknya dalam sistem periodik dan menentukan bentuk molekul
berdasarkan teori pasangan elektron melalui internet
Tugas Mandiri tidak terstruktur
1.
Siswa
membuat 3 (tiga) soal dan cara menghubungkan konfigurasi elektron suatu
unsur dengan letaknya dalam sistem periodik dan menentukan bentuk molekul
berdasarkan teori pasangan elektron
5.
PERTEMUAN KELIMA
a. Pendahuluan
Kegiatan
|
Penilaian oleh Pengamat
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|
1.
Membuka pelajaran dengan mengucapkan salam
2.
Guru memotivasi siswa dengan cara mengajukan
pertanyaan yang berkaitan dengan materi sebelumnya dan pertanyaan prasyarat
yang berkaitan dengan materi yang akan dipelajari
3.
Mengkomunikasikan judul pelajaran dan tujuan pembelajaran.
4.
Guru membagi kelompok kecil dalam mencari informasi tentang materi menentukan
molekul berdasarkan teori hibridisasi
5. Guru menyampaikan tata tertib
dalam proses pembelajaran kepada siswa
|
|
|
|
|
b.
Inti
Kegiatan
|
Penilaian oleh Pengamat
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|
Penggalan 1
1. Guru menyampaikan imformasi tentang menentukan bentuk molekul berdasarkan
teori hibridisasi
Penggalan 2
1. Mengorganisasikan siswa dalam
kelompok-kelompok dan penugasan
untuk membangun motivasi serta kemauan siswa dalam mengikuti pembelajaran
2. Memberikan waktu pada siswa
untuk mendiskusikan soal yang diberikan
3. Guru menunjuk salah satu kelompok
untuk mempresentasikan hasil diskusinya.
4. Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya kepada kelompok
yang presentasi
5. Guru memberikan penguatan kepada
kelompok yang telah presentasi
|
|
|
|
|
c.
Penutup
Kegiatan
|
Penilaian oleh Pengamat
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|
1. Guru
dan siswa bersama-sama menyimpulkan materi yang telah dipelajari.
2. Guru memberikan tugas tidak
terstruktur kepada masing-masing siswa
3. Guru mengingatkan siswa untuk mempelajari materi
yang akan diajarkan pada pertemuan selanjutnya
|
|
|
|
|
Tugas Mandiri Terstruktur
1.
Siswa
mencari informasi mengenai bentuk molekul berdasarkan teori hibridisasi
Tugas Mandiri Tidak
Terstruktur
1. Siswa diberikan tugas membuat 3 (tiga) soal
tentang teori hibridisasi
dan cara menyelesaikannya
6.
PERTEMUAN KEENAM
a. Pendahuluan
Kegiatan
|
Penilaian oleh Pengamat
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|
1. Membuka pelajaran dengan
mengucapkan salam
2. Guru memotivasi siswa
dengan cara mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan materi sebelumnya dan
pertanyaan prasyarat yang berkaitan dengan materi yang akan dipelajari
3.
Mengkomunikasikan judul pelajaran dan tujuan pembelajaran.
4.
Guru membagi kelompok kecil dalam mencari informasi tentang materi perbedaan
sifat fisik (titik didih, titik beku) berdasarkan perbedaan gaya antar
molekul (gaya Van Der Waals, gaya London, dan ikatan hidrogen)
5. Guru menyampaikan tata tertib
dalam proses pembelajaran
|
|
|
|
|
b.
Inti
Kegiatan
|
Penilaian oleh Pengamat
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|
Penggalan 1
1.
Guru menyampaikan imformasi tentang materi perbedaan sifat fisik (titik
didih, titik beku) berdasarkan perbedaan gaya antar molekul (gaya Van Der
Waals, gaya London, dan ikatan hidrogen)
Penggalan 2
1.Mengorganisasikan
siswa dalam kelompok-kelompok dan penugasan
untuk membangun motivasi serta kemauan siswa dalam mengikuti pembelajaran
1. Memberikan waktu pada siswa
untuk mendiskusikan soal yang diberikan
2. Guru menunjuk salah satu kelompok
untuk mempresentasikan hasil diskusinya.
2.
Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya kepada kelompok yang
presentasi
3.
Guru memberikan penguatan kepada kelompok yang telah presentasi
|
|
|
|
|
c.
Penutup
Kegiatan
|
Penilaian oleh Pengamat
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|
1.
Guru dan siswa bersama-sama menyimpulkan
materi yang telah dipelajari.
2. Guru memberikan tugas tidak
terstruktur kepada masing-masing siswa
3. Guru mengingatkan siswa untuk mempelajari materi
yang akan diajarkan pada pertemuan selanjutnya
|
|
|
|
|
Tugas Mandiri Terstruktur
1. Siswa mencari informasi mengenai materi
perbedaan sifat fisik (titik didih, titik beku) berdasarkan perbedaan
gaya antar molekul (gaya Van Der Waals, gaya London, dan ikatan hidrogen)
melalui internet
Tugas Mandiri Tidak
Terstruktur
1. Siswa diberikan tugas membuat 3
(tiga) soal tentang materi perbedaan sifat fisik (titik didih, titik
beku) berdasarkan perbedaan gaya antar molekul (gaya Van Der Waals, gaya
London, dan ikatan hidrogen)
dan cara menyelesaikannya
I. Penilaian
1.
Penilaian produk (LP-01)
2.
Penilaian Kinerja(LP-02 A dan LP-02B)
3. Penilaian
Afektif
DAFTAR PUSTAKA
BSNP
(Badan Standar Nasional Pendidikan). 2007. ModelSilabus dan
RencanaPelaksanaanPembelajaran. Mata Pelajaran: IlmuPengetahuanAlam. SMP/MTS.DigandakanolehKegiatanPenyelenggaraanSosialisasi/Diseminasi/Seminar/Workshop/PublikasiDirektoratJenderalManajemenPendidikanDasar
dan Menengah.
Kalsum, Siti. 2009. Kimia 2 SMA dan MA Kelas
XI. Jakarta : Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional
Purba,
Michael. 2007. Kimia untuk SMA Kelas XI. Jakarta : Erlangga
LP-1
Rubrik : Rubrik ini digunakan sebagai acuan untuk
menilai kinerja siswa pada waktu mengerjakan tugas-tugas dan kerja ilmiah
Skor
|
Kemampuan/keterampilan yang dinilai Skor
|
Kemampuan mengorganisasikan tugas, kerja,
atau kegiatan
|
Ketepatan melaksanakan tugas
|
5
|
Siswa mempunyai pemahaman yang
jelas tentang maksud tugas yang diberikan.
|
Ia mengorganisasi tugas dengan cara
yang logis sesuai dengan suruhan yang diberikan.
|
Siswa mengamati, mengukur,
mencatat, dan melakukan kegiatan-kegiatan lainnya dengan benar dan aman.
|
4
|
Siswa membutuhkan sedikit bantuan
untuk memahami tujuan kegiatan, tugas atau percobaan.
|
Ia mampu mengikuti instruksi,
tapi membutuhkan beberapa bantuan dalam mengembangkan prosedur kerja/kegiatan
yang logis.
|
Pengamatan, pengukuran, dan hasil
kegiatan lainnya pada umumnya memuaskan, tapi masih ada kesalahan dalam
ketepatan mencatat atau membahas.
|
3
|
Siswa membutuhkan bantuan
secukupnya untuk memahami tujuan kegiatan, tugas atau percobaan, serta dalam
mengorganisasikan kerjanya.
|
Ia mampu mengikuti
tugas/instruksi jika diberikan sejumlah bantuan yang berarti.
|
Siswa banyak melakukan kesalahan,
baik pencatatan,dan ketepatan dalam pencatatan ataupun hasil kerja lainnya.
|
2
|
Siwa banyak tergantung pada
bantuan dan dukungan agar mampu memehami tujuan tugas/kegiatan yang diberikan
dan melakukannya.
|
Bantuan tetap diberikan walaupun
dalam instruksi yang sederhana. Ketidaktepatan dalam pengamatan, pengukuran
atau unsur-unsuir hasil kerja lainnya.
|
Banyak pengamatan/unsur-unsur
bahasan luput diamati atau tidak dicatat/dibahas/dikerjakan
|
1
|
Tidak memahami tujuan kegiatan,
tugas atau percobaan yang diberikan serta tidak mampu melaksanakan walaupun
tanpa bantuan.
|
Siswa tidak mampu mengikuti
suruhan/instruksi dari tugas yang diberikan.
|
Pengamatan, pengukuran atau
unsur-unsur hasil kerja lainnya tidak benar atau tidak relevan dengan
tugasnya.
|
Lembar Penilaian Kinerja
No
|
Nama
Siswa
|
Tugas
|
Kerja
Ilmiah
|
Diskusi
|
||||||||||||
|
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
LP-3
LEMBAR PENILAIAN DISKUSI DAN PRESENTASI
Rubrik :
Digunakan untuk menilai kegiatan diskusi dan presentasi siswa setelah melakukan
praktikum
Nilai 5 : Bila siswa berperan aktif dalam
diskusi baik bertanya maupun menjawab, mampu
mengajukan pertanyaan tingkat tinggi dan ide-ide baru.
Nilai 4 : Siswa aktif dalam diskusi baik bertanya maupun
menjawab, mampu mengajukan pertanyaan tingkat tinggi tapi tidak ada ide baru.
Nilai 3 : Siswa aktif dalam diskusi baik
bertanya maupun menjawab, mampu mengajukan
pertanyaan tingkat rendah.
Nilai 2 : Siswa kurang aktif dalam diskusi
hanya sesekali bertanya.
Nilai 1 : Siswa pasif dan tidak mengajukan
pertanyaan maupun memberikan jawaban.
Lembar Penilaian Diskusi dan Presentasi
No
|
Nama
Siswa
|
Tugas
|
Kerja
Ilmiah
|
Diskusi
|
||||||||||||
|
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
11
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
LP-4
PENILAIAN AFEKTIF
Lembar ini disusun untuk mengetahui
sikap siswa selama mengikuti pembelajaran kimia.
Nama : .........................
No.
|
Aspek Sikap
|
Skala
sikap
|
||||
|
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
Karakter
|
|
|
|
|
|
|
1
|
Logis
|
|
|
|
|
|
|
Berpendapat yang didasari argumen
|
|
|
|
|
|
Membuat hubungan sebab akibat
|
|
|
|
|
|
|
Aktivitas yang dilakukan mempunyai tujuan yang jelas
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Berfikir kreatif
|
|
|
|
|
|
|
Melakukan tindakan yang bersifat analisis
|
|
|
|
|
|
Melakukan tindakan yang bersifat sintesis
|
|
|
|
|
|
|
Mampu menentukan pilihan yang dianggap paling baik
|
|
|
|
|
|
|
Mampu menciptakan laternatif yang lebih baik
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Jujur
|
|
|
|
|
|
|
Melakukan kegiatan (mengamati, mencatat,
|
|
|
|
|
|
menyimpulkan-keterampilan proses dengan obyektif
|
|
|
|
|
|
|
Berargumen secara obyektif
|
|
|
|
|
|
|
4
|
Bekerja teliti
|
|
|
|
|
|
5
|
Bertanggung jawab
|
|
|
|
|
|
6
|
Peduli
|
|
|
|
|
|
7
|
Berperilaku santun
|
|
|
|
|
|
Keterampilan sosial
|
|
|
|
|
|
|
1
|
Berkerjasama
|
|
|
|
|
|
2
|
Menyampaikan pendapat
|
|
|
|
|
|
3
|
Menjadi pendengar yang baik
|
|
|
|
|
|
4
|
Menanggapi pendapat orang lain
|
|
|
|
|
|
5
|
Keaktifan dalam kegiatan praktikum
|
|
|
|
|
|
Bengkulu, November 2011
Tidak ada komentar:
Posting Komentar