LEMBAR
DISKUSI SISWA
Diskusikan dengan teman kelompokmu
tentang:
1.
Sifat-sifat larutan penyangga
2.
Komponen dan cara kerja larutan penyangga
3.
Menghitung pH larutan penyangga
4.
Fungsi larutan penyangga
Buatlah hasil diskusi Anda dalam
bentuk slide power point dan presentasikan di depan kelas!
LKS SMA LARUTAN PENYANGGA
Tujuan:
mempelajari sifat larutan penyangga dan bukan penyangga pada penambahan sedikit
asam, basa, atau pengenceran.
Alat:
-
Gelas kimia 100 mL
-
Gelas ukur
Bahan:
-
Indikator universal
-
NaCl 0,1 M
-
HCl 0,1 M
-
NaOH 0,1 M
-
CH3COOH 0,1 M
-
NaCH3COO 0,1 M
-
NH3 0,1 M
-
NH4Cl 0,1 M
Cara
Kerja:
1. Dengan
menggunakan indikator universal, ukur pH larutan NaCl 0.1M
2. Siapkan
3 gelas kimia 100 mL. Isi masing-masing dengan 10 mL larutan NaCl 0,1 M,
kemudian:
-
Ke dalam gelas kimia 1 tambahkan 1 mL
larutan HCl 0,1M
-
Ke dalam gelas kimia 2 tambahkan 1 mL
larutan NaOH 0,1 M
-
Ke dalam gelas kimia 3 tambahkan 10 mL
akuades
-
Ukur pH ketiga larutan itu.
3. Campurkan
25 mL larutan CH3COOH 0,1 M dan 25 mL larutan NaCH3COO
0,1 M dalam sebuah gelas kimia. Ukur pH larutan itu
4. Siapkan
3 gelas kimia yang bersih. Isi masing-masing gelas kimia dengan 10 mL larutan
dari prosedur (3). Kemudian:
-
Ke dalam gelas kimia 1 tambahkan 1 mL
larutan HCl 0,1 M
-
Ke dalam gelas kimia 2 tambahkan 1 mL
larutan NaOH 0,1 M
-
Ke dalam gelas kimia 3 tambahkan 10 mL
akuades.
-
Ukur pH ketiga larutan tersebut
5. Campurkan
25 mL larutan NH3 0,1 M dan 25 mL larutan NH4Cl 0,1 M
dalam sebuah gelas kimia. Ukur pH larutan itu
6. Siapkan
3 gelas kimia bersih. Isi masing-masing gelas kimia dengan 10 mL larutan
prosedur (5). Kemudian:
-
Ke dalam gelas kimia 1 tambahkan 1 mL
larutan HCl 0,1 M
-
Ke dalam gelas kimia 2 tambahkan 1 mL
larutan NaOH 0,1 M
-
Ke dalam gelas kimia 3 tambahkan 10 mL
akuades
-
Ukur pH ketiga larutan tersebut
Analisis Data / Pertanyaan
1.
Diantara larutan yang diuji, manakah yang
bersifat penyangga (buffer)?
2.
Simpulkanlah sifat-sifat larutan penyangga
Tidak ada komentar:
Posting Komentar